Lebih Akrab dengan Alifia, Ketua Hima Humas 2022, Kabinet Sahwahita

Alifia Sabila Putri (dok. Alifia Sabila Putri)

Alifia Sabila Putri atau akrab disapa Fia adalah mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat Angkatan 2020. Pada tanggal 11 Maret 2022, Fia telah dilantik secara resmi sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Hubungan Masyarakat. Acara Pelantikan Pengurus dan Pembina Organisasi Kemahasiswaan untuk periode tahun 2022, dilaksanakan secara hybrid di Lapangan Gedung 1 Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Jatinangor.
Pengalaman Alifia dalam dalam bidang organisasi membuatnya terpilih dalam Pemilu Raya Hima Humas 2021, mengalahkan dua kandidat lainnya. Kemampuan Alifia dalam memimpin terlihat menonjol pada saat memimpin dua program kerja Hima Humas yaitu, Malam Keakraban dan Public Relations Orientation. Di luar Himpunan, Fia juga bergabung di unit kegiatan mahasiswa AIESEC in Unpad dan BSO ShARE Unpad.
Prestasi Fia tidak hanya di bidang organisasi kemahasiswaan. Bulan Mei lalu, Fia dan kedua rekannya, Mentari Prameswari dan Yolanda Patricia, berhasil meraih Juara 1 pada Public Relations Competition. Kompetisi bergengsi ini diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Widya Mandala, Surabaya Jawa Timur.

Hima Humas 2022 Kabinet Sahwahita (dok. Alifia Sabila Putri)

Menurut Alifia, menjadi seorang yang dipercaya dalam memimpin sebuah organisasi tidaklah mudah, namun banyak pula manfaat dan pelajaran yang dapat diambil. Salah satunya adalah kesempatan belajar yang tidak pernah berhenti.
Selama memimpin organisasi, penting bagi seorang Ketua untuk selalu belajar dan mempersiapkan diri untuk menghadapi hal baru. Alifia merasa bahwa orang-orang yang ia temui ketika menjadi Ketua Himpunan memperluas perspektifnya dan membantunya untuk melihat sebuah fenomena dengan lebih komprehensif. Namun, dibalik segala keuntungan tersebut tentu saja ada hambatan-hambatan yang ditemui.
Koordinasi menjadi tantangan yang cukup berat terutama di masa transisi dengan keadaan yang tidak pasti. Apalagi dengan domisili anggota yang berbeda-beda dan harus berkegiatan secara online, anggota Himpunan menjadi lebih cepat lelah dan mengalami demotivasi.
Fia pun harus sigap dalam menyadari hal tersebut dan mencari solusi untuk permasalahannya. Menurut Fia, penting untuk mencoba mengerti keadaan masing-masing anggota dan memberikan support yang dibutuhkan dalam keadaan saat ini.
Himpunan Mahasiswa telah memberikan Fia banyak manfaat dalam perkembangan dirinya sebagai individu. Sehingga menjadi Ketua adalah cara Fia untuk memberikan kembali manfaat tersebut kepada mahasiswa lain di Prodi Hubungan Masyarakat. Fia berharap, Himpunan Mahasiswa dapat menjadi support group bagi mahasiswa Hubungan Masyarakat dalam bidang akademik maupun perkembangan pribadi yang positif.