Himpunan Mahasiswa

Identitas

Himpunan Mahasiswa Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Hima Humas Fikom Unpad) adalah sebuah lembaga kemahasiswaan semi profesi Public Relations (pengaplikasian keilmuan Public Relations dengan orientasi profesionalisme) yang merupakan wadah bagi mahasiswa Prodi Hubungan Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Humas Fikom Unpad) untuk mengembangkan keprofesian, akademik, minat, dan bakat bagi anggotanya.


Sejarah

Pada tahun 1984, calon mahasiswa yang mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) dapat langsung memilih dan masuk jurusannya pada semester ke-3. Sebelum tahun 1984, pemilihan jurusan untuk mahasiswa hanya dapat dilakukan pada semester ke-7.

Kebijakan baru tersebut kemudian membuat Tutang Wintarta (Angkatan 1980), Elvinaro Ardianto (Angkatan 1980), dan Hussein Fahmi (Angkatan 1981) membentuk dan memprakarsai Himpunan Mahasiswa Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran atau Hima Humas Fikom Unpad pada bulan Juli tahun 1984. Ketua Hima Humas yang pertama kali menjabat adalah Tutang Wintarta, dengan wakil ketua, yaitu Hussein Fahmi. Kemudian Elvinaro Ardianto menjabat sebagai Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang).

Pada saat awal kepengurusan Hima Humas, pada tahun 1984, Hima Humas berada dibawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fikom Unpad. Demikian halnya dengan HimaPen (Hima Penerangan – Manajemen Komunikasi) dan HimaJur (Hima Jurnalistik). Meski dibawah naungan BEM, koordinasi antara BEM dan himpunan mahasiswa masih terbatas. Contohnya saat ada penyelenggaraan acara pada tingkat fakultas.

Pada saat awal kepengurusan, Hima Humas belum memiliki logo dan menggunakan logo Unpad. Hima Humas juga belum memiliki atribut pribadi himpunan lainnya, seperti jaket himpunan.

Berbagai macam prestasi ditorehkan ketika awal kepengurusan Hima Humas, diantaranya menjadi juara kedua dalam Lomba “Riset Institusional Komunikasi Dosen Wali dan Persepsi Mahasiswa Fikom Unpad”. Lomba ini sekaligus menjadi program kerja pertama Hima Humas. Selain itu, Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Hima Humas juga pernah menghadirkan Resitas, PR Sahid Group. 

Hima Humas Angkatan 1984 berhasil menjalankan kepengurusannya selama selama satu tahun dengan kabinet dari angkatan 1980-1984. Kepengurusan Hima Humas periode pertama saat itu lebih berfokus kepada pengembangan profesi dan keilmuan.

Adapun jaket Hima Humas merupakan terobosan dari angkatan 1998 yang dipimpin oleh Putu Gede Ong Dika Rusjaya. Jaket Hima Humas lahir dari keinginan Angkatan 1998 yang ingin membuat jaket himpunan yang timeless. Timeless yang dimaksud disini adalah dapat digunakan dalam berbagai acara, baik formal maupun non-formal. Disamping itu, Angkatan 1998 ingin seluruh keluarga besar Humas Fikom Unpad dapat menggunakan jaket Hima Humas. Setelah sebelumnya terdapat persepsi bahwa yang boleh menggunakan jaket himpunan adalah hanya pengurus Hima Humas. 

Angkatan 1998 juga memiliki terobosan lain dalam hal jaket himpunan yakni mengubah bahan dan warna jaket. Semula jaket himpunan hanya berwarna merah saja dengan bahan parasit, kemudian diubah menjadi dapat digunakan bolak-balik dengan warna merah atau warna hitam. Saat itu, dalam setiap jaket himpunan tercantum nama tiap pemiliknya pada bagian resleting. 

Sampai dengan saat ini, terobosan jaket himpunan baru yang diprakarsai oleh Angkatan 1998 masih terus dilestarikan. Tentu saja dengan berbagai penyesuaian, seperti pencantuman nama pemilik diubah menjadi pencantuman Nomor Pokok Mahasiswa Humas Fikom Unpad.


Visi dan Misi

Visi

Hima Humas Fikom Unpad menjadi lembaga kemahasiswaan yang membangun kompetensi bagi anggotanya, mempunyai rasa memiliki terhadap almamaternya, dan membina hubungan baik dengan publiknya.

Misi

  1. Mengembangkan potensi keprofesian, akademik, minat, dan bakat anggota melalui berbagai kegiatan kemahasiswaan
  2. Menumbuhkan, mengembangkan, dan menjaga rasa memiliki anggota Hima Humas Fikom Unpad sebagai satu keluarga besar
  3. Membangun dan menjaga relasi secara berkesinambungan dengan publik internal dan eksternal

Asas

Demokrasi, profesionalitas, dan kekeluargaan.


Lambang

Bentuk Lambang

Lambang Hima Humas Fikom Unpad berbentuk suatu simbol yang merupakan susunan dari lima anak panah berwarna merah marun. Dua anak panah membentuk lingkaran, lalu tiga panah lainnya, satu panah ke atas menindih lingkaran, dan dua panah ke bawah simetris yang ditindih oleh lingkaran.

Logo Hima Humas

Makna Lambang

  • Dua anak panah membentuk lingkaran berarti kesinambungan
  • Satu anak panah ke atas menindih lingkaran berarti hubungan dengan publik eksternal
  • Dua anak panah ke bawah simetris yang ditindih oleh lingkaran berarti hubungan dengan publik internal
  • Warna merah marun berarti ketepatan dan tanggung jawab

Saat Ini

Saat ini, Hima Humas telah memasuki tahun kepengurusan 2022/2023. Kabinet tahun ini bernama Sahwahita, diambil dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti bermanfaat bagi semua. Dengan nama tersebut, Kabinet Sahwahita siap memberikan manfaat kepada seluruh publiknya melalui berbagai program kerja yang akan dilaksanakan.

Visi dan Misi Kabinet Sahwahita

Visi

Menjadikan Hima Humas sebagai wadah pengembangan diri dan kontribusi yang adaptif, progresif, dan berkomitmen untuk memberi manfaat bagi publik internal dan eksternalnya.

Misi

  1. Membangun lingkungan kerja yang cekatan dalam menghadapi segala situasi
  2. Menampung aspirasi dan inovasi anggota Hima Humas dalam pelaksanaan program kerja Himpunan yang sesuai dengan kebutuhannya
  3. Menciptakan sistem komunikasi organisasi yang terstruktur dan terbuka
  4. Mendorong partisipasi anggota Hima Humas dengan program kerja yang mendukung minat dan bakat serta pengembangan kompetensi dalam hal akademik, non akademik, dan keprofesian
  5. Mengembangkan kemitraan yang bermanfaat dengan publik eksternal
  6. Menjalin hubungan yang sistematis dan sinergis dengan publik internal dan eksternal Hima Humas

Budaya Kerja Kabinet Sahwahita

Growth

Hima Humas dapat terus meningkatkan pencapaian dan performanya melalui implementasi evaluasi. Hima Humas juga bertanggung jawab dan menggunakan fakta dan data untuk mencapai tujuan bersamanya.

Agility

Hima Humas dapat sigap dalam mengatasi permasalahan dan perubahan situasi, berproses dengan konsisten, dan fleksibel serta berkembang sesuai kebutuhannya.

Visionary

Hima Humas dapat berpikir panjang ketika membuat keputusan dan perencanaan sehingga dapat memberikan dampak yang berkelanjutan. Hima Humas juga terbuka pada kesempatan-kesempatan baru.

Emphaty

Hima Humas peduli dan mempertimbangkan publik internal dan eksternalnya dalam pembuatan keputusan dan perencanaan. Hima Humas juga menghargai pendapat pihak lain dan saling membantu dalam mencapai tujuannya.


Organigram Kepengurusan Kabinet Sahwahita

Struktur Kepengurusan Kabinet Sahwahita

  • Ketua : Alifia Sabila Putri
  • Wakil Ketua : Adissa Irawaty
  • Bendahara 1 : Alvenia Azzah Ghassani
  • Bendahara 2 : Lila Latsmira
  • Sekretaris 1 : Ziyan Nadhira
  • Sekretaris 2 : Vina Salsabila Firmana
  • Kepala Departemen Penelitian & Pengembangan : Shafira Balqis Fitrianti
  • Kepala Departemen Pengembangan Organisasi : Farley Rafa Aurellia
  • Kepala Departemen Akademik & Keprofesian : Raymond Clement Jaya
  • Kepala Departemen Hubungan Internal : Hafizhah Zuhri
  • Kepala Departemen Minat & Bakat : Farsya Kirana Erdanakusumah
  • Kepala Bidang Olahraga : Najla Fathia Iqbal
  • Kepala Bidang Seni & Budaya : Audrey Joshlyn Amara Manuputty
  • Kepala Departemen Media Kreatif : Kharisma Aulia
  • Kepala Departemen Hubungan Eksternal : Yolanda Patricia
  • Kepala Bidang Beasiswa & Kesempatan Kerja : Ratu Marshyarina Ridzkan Budiman
  • Kepala Bidang Mahasiswa & Advokasi : Delia Nurusyifa
  • Kepala Bidang Sosial & Kemasyarakatan : Aprillia Putri