Mahasiswa Hubungan Masyarakat Fikom UNPAD Raih Kemenangan di Festival Ajisaka UGM 2023

Mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad kembali mencetak prestasi di Festival Ajisaka Universitas Gadjah Mada 2023 dalam Pertarungan Humas Nusantara (Prahasta) kategori lomba Public Relations Campaign dan Risk Management. Mahasiswa Humas memenangkan juara pertama dan  juara ketiga kategori Public Relations Campaign. Adapun dalam kategori Risk Management, delegasi prodi humas juga berhasil meraih juara pertama dan kedua. 

Juara pertama Public Relations Campaign diraih oleh tim “Tap in Team”  dengan anggota Nazhifah Zalfa, Nadira Amartia dan Janebethia Alice, dan juara ketiga diraih oleh tim “Barokah” dengan anggota Farley Rafa Aurelia, Raissa Az Zahra dan Nur Mizaniyah Putri. Sedangkan dalam Prahasta kategori Risk Management, juara pertama diraih oleh tim “PResident” yang beranggotakan Ahmad Dzikri Falatehan, Alifia Rasyida dan Muhammad Akmal Firdaus dan juara kedua diraih oleh tim “Legacy” dengan anggota Rayhan Azhar, Andrea Marcella juga Hikmatiyar Hidayat.

Festival Ajisaka UGM 2023 merupakan kompetisi yang dinaungi Universitas Gadjah Mada sebagai motivasi bagi mahasiswa untuk menuangkan ide-ide inovatif. Tahun ini Ajisaka membawakan tema besar gender equity dengan tajuk Agnia Abhipraya. Dengan mengangkat tema ini, diharapkan  mahasiswa dapat menjadi agent of change untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya kesetaraan gender serta kekerasan berbasis gender. 

Kategori yang diperlombakan salah satunya ialah Prahasta. Lomba ini berfokus pada bidang kehumasan dengan dua kategori lomba yang berfokus pada manajemen reputasi dan komunikasi risiko terkait kekerasan berbasis gender online (KBGO).  Prahasta menantang mahasiswa untuk memberikan solusi terkait kasus kekerasan berbasis gender online (KBGO).  Pengangkatan kasus ini dilatar belakangi oleh jumlah kekerasan yang meningkat semenjak pandemi COVID-19. Situasi ini pun diperparah karena adanya ketimpangan gender yang masih menjadi masalah di masyarakat Indonesia. 

Sebagai mahasiswa hubungan masyarakat, Prahasta menjadi wadah yang tepat untuk mahasiswa berlatih critical thinking juga mengaplikasikan ilmunya secara praktikal. Mengutip dari Nazhifah Zalfa selaku perwakilan Tim “Tap In”, Nazhifah menyebutkan bahwa peserta dituntut untuk memahami brief secara mendalam untuk dapat menemukan solusi yang tepat. Dimulai dari membedah brief berkali-kali, riset secara mendalam, brainstorming hingga pada akhirnya menyusun creative deck pada babak pertama dan pada akhirnya 4 tim Mahasiswa Humas Fikom Unpad Dapat melaju kepada babak final 5 besar yang diadakan secara luring di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. 

Perjuangan yang dilalui Mahasiswa Humas Fikom Unpad tidaklah mudah, maka dari itu menurut Nazhifah, dukungan dari program studi Humas Fikom Unpad merupakan kontribusi besar bagi keberhasilan seluruh tim. Sejak awal dibukanya Festival Ajisaka UGM 2023 dan terdapat partisipasi dari Mahasiswa Hubungan Masyarakat Fikom Unpad dalam kompetisi tersebut, Program studi juga Hima Humas menyediakan platform pendampingan bagi partisipan untuk coaching maupun konsultasi bersama para dosen Prodi Humas. Partisipan dapat secara leluasa mengajukan permintaan coaching juga konsultasi mulai dari pembedahan brief, penyusunan deck hingga pitching pada babak final. Dukungan lain juga diberikan oleh Hima Humas dalam bentuk penyediaan akomodasi juga transportasi selama berada di Yogyakarta.

Setelah mengikuti proses persiapan hingga menjadi pemenang, mahasiswa Humas Fikom Unpad mendapatkan banyak pembelajaran. Menurut Janebethia anggota tim “Tap In”, mengikuti perlombaan Ajisaka UGM 2023 merupakan sebuah pengalaman yang berharga, bukan hanya mengasah skill secara akademik namun juga melatih sosialisasi, memecahkan masalah, juga networking yang sama pentingnya dibutuhkan bagi seorang Public Relations. 

Terakhir, saran juga pesan disampaikan oleh Nazhifa bagi mahasiswa Humas Fikom Unpad yang tertarik mengikuti kompetisi untuk jangan malu bertanya, konsultasi atau coaching kepada dosen dan mahasiswa Humas Fikom Unpad lainnya yang sudah berpengalaman. Selain itu Nazhifah sangat menyarankan untuk menggunakan fasilitas coaching clinic yang disediakan Hima Humas untuk memaksimalkan persiapan perlombaan. Janebethia turut menyampaikan semangatnya bagi mahasiswa Humas Fikom Unpad untuk jangan takut mencoba hal baru. 

Share this: