Farley Rafa Aurellia, mahasiswi angkatan 2020 program studi Hubungan Masyarakat, FIKOM Unpad, terpilih menjadi mahasiswa berprestasi tingkat prodi dan kandidat mahasiswa berprestasi tingkat fakultas. Mahasiswi yang kerap disapa Rafa, merupakan pemegang beasiswa Paragon Scholarship Program untuk periode 2021 hingga 2024.


Tahun 2022, Rafa dan rekannya Farhan Aulia memenangkan kejuaraan tingkat internasional, Public Relations Student Forum yang diselenggarakan oleh Padjadjaran PR Fair. Rafa mengaku tidak membayangkan kemenangan hingga menempati Juara 1 dengan predikat “Outstanding Delegates of Public Relations Student Forum (PRSF)”. 


Rafa juga kerap mengikuti kompetisi dibidang Public Speaking. Tahun 2020, Rafa memenangkan juara pertama Public Speaking Competition tingkat nasional yang diselenggarakan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Tahun 2022, ia memenangkan juara pertama Public Speaking Competition di Universitas Sriwijaya tahun 2022.

Farley Rafa Aurellia (instagram.com/himahumas)

Menurut Rafa, ia tidak selalu berhasil dalam memenangkan lomba yang diikutinya, empat dari tujuh lomba yang diikutinya berakhir dengan kegagalan. Deretan kekalahan yang pernah didapatkan Rafa, tidak menyurutkan minatnya untuk terus mencoba menerima tantangan baru.


“Awalnya, memang ditawari oleh teman dan ditanya kenapa ngga dicoba? Tapi, ngga langsung diterima karena tau kapabilitasnya belum sampai di mata lomba dengan format conference mirip MUN ini. Setelah dipikir-pikir, ngga salah sih untuk step out of comfort zone.” tutur Rafa.


Selain aktif mengikuti kompetisi bidang Public Relations dan Public Speaking, Rafa juga aktif dalam organisasi kemahasiswaan. Saat ini ia merupakan Kepala Departemen Pengembangan Organisasi Hima Humas dan Kepala Divisi Humas Unit Hoki Unpad.


Passion Rafa yang lain yakni bidang human resources dan organizational development. Menurutnya keterampilan leadership yang berfokus pada people-oriented akan menuntunnya menjadi seorang leader yang terbuka dengan system and working environment yang positif.


Ketika ditanya apa yang membuat Rafa begitu bersungguh-sungguh dalam setiap kegiatannya, ia menjawab karena kegagalannya di masa lalu. Ia bercerita mengenai pengalaman pahitnya sebelum menjadi mahasiswa Prodi Humas Universitas Padjadjaran. Sebelumnnya Rafa, pernah ditolak di 7 perguruan tinggi negeri dan kedinasan yang menjadi incarannya. Hingga ia meragukan dirinya.

Namun kini Rafa telah mendapatkan kembali kepercayaan dirinya. Ia telah mengetahui kemampuan diri dan mengoptimalkan passion yang dimilikinya. Ia kerap membagikan pengalamannya pada teman-teman mahasiswa lain dalam beberapa acara diantaranya di Fakultas Hukum Unpad, Fakultas Teknik Geologi Unpad, Ilmu Komunikasi Unpad, NGO Lentera Belajar, NGO Pilih Jurusan, dan Karier Unpad.

Share this: