Pengalaman Magang MBKM Khaira Alfiyya di ParagonCorp

Dalam menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif, Program Mahasiswa Bimbingan Karir Merdeka (MBKM) hadir sebagai sebuah kesempatan emas bagi para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman magang yang berharga di luar perkuliahan. Salah satu mahasiswa yang berhasil memanfaatkan kesempatan tersebut adalah Khaira Alfiyya, mahasiswi Program Studi Humas Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran (Unpad). Khaira Alfiyya berhasil diterima sebagai magang MBKM di ParagonCorp sebagai Employer Branding.

Sebelum memulai perjalanan magangnya, Khaira Alfiyya telah mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan, seperti CV (portfolio tambahan), SPTJM, dan Surat Rekomendasi. Selain itu, ia juga aktif mencari informasi tentang posisi dan perusahaan yang sesuai dengan minat dan bidang studinya. Khaira Alfiyya melakukan riset melalui situs web perusahaan dan media sosial, terutama Instagram, untuk mengetahui lebih lanjut tentang budaya perusahaan, nilai-nilai yang dijunjung tinggi, dan proyek-proyek komunikasi yang dilakukan perusahaan. Ia bahkan mencari intern sebelumnya di LinkedIn untuk mendapatkan informasi tambahan dan saran yang berharga.

Setelah melalui serangkaian tahapan seleksi, Khaira Alfiyya merasa sangat senang ketika diterima di salah satu perusahaan impian dan posisi yang diinginkannya. Mendapatkan mentor yang baik dan bertemu dengan teman-teman baru yang menyenangkan membuatnya semakin bahagia. ParagonCorp juga menyediakan program magang yang komprehensif, termasuk pelatihan dalam kelas untuk mengembangkan softskill dan hardskillnya. Khaira Alfiyya juga aktif terlibat dalam proyek-proyek besar perusahaan, termasuk tanggung jawab dalam mengelola media sosial Paragon di Malaysia dan mengawasi anggota Novo Club di seluruh Indonesia dalam mengorganisir acara dan lainnya.

Pengalaman magangnya di ParagonCorp memberikan banyak pembelajaran berharga. Salah satu yang paling signifikan adalah pemahaman tentang pentingnya mengembangkan program-program yang memperkuat citra perusahaan dengan memaksimalkan peran karyawan. Melalui tugasnya dalam bidang Employer Branding, Khaira Alfiyya belajar bagaimana menciptakan strategi yang efektif untuk membangun brand perusahaan dan memberikan pengalaman positif kepada karyawan.

Dalam wawancaranya, ia mengatakan, “harapan aku, MBKM ini bisa terus menjadi wadah yang bisa membantu mahasiswa untuk mencari kesempatan di luar perkuliahan. Terlebih lagi dengan persaingan dalam dunia kerja yang selalu meningkat, apalagi semisalnya ada yang ingin mencari pengalaman di luar jurusannya bisa banget dari program MBKM ini.”

Penulis: Farah Azzahra

Share this: